Tutorial Menambahkan Nomor Halaman di Word dengan Mudah

Nomor halaman merupakan salah satu komponen dalam sebuah dokumen, semisal skripsi, makalah, proposal pengajuan dan lain sebagainya. Dengan adanya page number atau nomor halaman, pembaca dokumen dapat dengan mudah menemukan apa yang sedang mereka cari, misalkan jika mereka ingin mencari bagian Penutup, maka mereka bisa langsung merujuk pada halaman Penutup pada daftar isi. Dengan adanya daftar isi dan nomor halaman menjadikan dokumen yang anda buat akan lebih mudah dibaca.

Pada microsoft word, menambahkan nomor halaman di word bukanlah hal yang sulit. Karena di microsoft word fiturnya sudah ada. Langsung saja, berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menambahkan nomor halaman pada dokumen word dengan mudah:

Memulai menggunakan Page Number

page number

Klik tab Insert kemudian pilih Page Number. Terdapat 2 opsi utama dalam penempatan nomor halaman pada dokumen, yang pertama nomor halaman di bagian atas, dan yang kedua di bagian bawah. Saya akan menjelaskannya lebih jauh:

  1. Nomor halaman di atas dokumen: Pada pilihan Top of Page, pengguna dapat menambahkan nomor halaman di bagian atas dokumen word mereka. Terdapat banyak style atau template yang bisa anda gunakan dalam penomoran halaman menggunakan opsi Top of Page. Penomoran halaman menggunakan Top of Page lebih sering digunakan dalam pembuatan skripsi maupun tesis.
  2. Nomor halaman di bawah dokumen: Berbeda dengan Top of Page, opsi Bottom of Page ini membuat penomoran halaman berada di bawah dokumen. Untuk style dan template yang digunakan pada opsi Bottom of Page hampir sama dengan Top of Page. Opsi Bottom of Page lebih sering digunakan dalam pembuatan proposal atau makalah.

Mengatur Nomor dan Format Angka yang Digunakan

Secara default dari word, nomor halaman pada dokumen dimulai dari angkat 1, namun pengguna dapat mengubahnya sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur format angka yang ingin digunakan, apakah ingin menggunakan format angka biasa, angka romawi, angka latin dan lain sebagainya. Untuk mengatur ini, anda dapat melakukannya dengan klik tab Insert, pilih Page Number kemudian pilih Format Page Numbers.

Baca juga: cara membuat email baru

Setelah jendela menu Format Page Numbers muncul, anda dapat format yang anda inginkan dengan memilih opsi yang terdapat pada menu dropdown. Kemudian jika anda ingin menghilangkan Page Number, tinggal klik Insert kemudian pilih Page Number lalu pilih Remove page number.

Itulah tutorial bagaimana cara menambahkan maupun menghilangkan page number dalam dokumen word anda. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa pengguna page number ini cukup penting karena dapat mempermudah pembaca dalam membaca dokumen word anda.

Sedikit saya tambahkan ya, untuk menulis dokumen, pastikan bahwa anda menjelaskannya dengan detail dan tidak tanggung. Mengapa demikian? Hal ini dimaksudkan agar pembaca lebih memahami isi dokumen anda dan tidak salah pengertian mengenai dokumen yang anda tulis. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mudah dipahami, dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.