Stasiun Boiler Pabrik Kelapa Sawit

Sebuah pabrik kelapa sawit terdiri dari beberapa stasiun – stasiun kerja dengan fungsinya masing – masing ketika memproduksi atau mengolah kelapa sawit. Salah satu stasiun kerja nya dan dari sebuah pabrik kelapa sawit yaitu stasiun boiler pabrik kelapa sawit. Boiler inilah sumber tenaga dan sumber uap yang akan dipakai untuk emngolah kelapa sawit. Boiler atau juga dikenal dengan ketel uap merupakan sebuah perangkat untuk menghasilkan uap dari air yang dipanaskan di dalam pipa – pipa dengan tekanan dan temperatur yang sesuai dengan kapasitas boiler. Bertujuan untuk mengurangi penggunaan genset dan memaksimalkan pemakaian steam turbin.

Intinya boiler pabrik kelapa sawit mengkonversi energi yang merubah air menjadi uap dengan cara pemanasan. Uap yang dihasilkan oleh boiler pabrik kelapa sawit ini dapat digunakan pada semua peralatan di stasiun – stasiun pabrik kelapa sawit terutama turbin. Selain turbin sterilizer pabrik kelapa sawit yaitu alat yang digunakan untuk memasak TBS juga menggunakan uap tersebut. Kualitas uap yang dihasilkan pun harus terjaga sesuai dengan yang dibutuhkan. Umumnya bahan bakar yang digunakan yaitu serabut dan cangkang karena mudah diperoleh karena pasti tersedia di pabrik, menghasilkan panas yang bagus, serta sisa pembakaran dapat digunakan lagi menjadi pupuk.

Boiler yang dipakai biasanya kapasitas uap 20.000 Kg uap/jam dan dengan tekanan 20 kg/cm2. Dimana dibutuhkan 2 unit boiler untuk pabrik kelapa sawit dengan kapasitas olah 45 ton TBS/jam. Sebagian besar boiler yang digunakan pada pabrik kelapa sawit adalah yang menghasilkan uap superheated, dimana uap ini digunakan pertama kali untuk memutar turbin sebagai pembangkit tenaga listrik kemudian sisa uap dari pembangkit tersebut digunakan sebagai pemanasan TBS pada . Jenis Boiler terbagi menjadi 2 bagian yaitu : boiler pipa air dan boiler pipa api. Pada pabrik kelapa sawit boiler yang digunakan adalah jenis boiler pipa air, maksudnya adalah air berada didalam pipa dipanaskan oleh api yang berada diluar pipa air.